Inspirasi Model Atap Rumah Populer 2021

Bukan hanya model rumah atau cat saja yang perlu diperhatikan pada saat mendesain eksterior rumah. Tampak depan rumah atau yang sering disebut fasad juga dinilai dari pemilihan model atap rumah. Sebab, atap rumah bukan sekadar untuk sarana bernaung, tetapi juga mampu membuat ‘kesan’ pada rumah yang dihuni.

Selain hal itu, bentuk atap rumah juga sangat mempengaruhi hal lain yang lebih penting lagi, seperti sirkulasi udara. Sehingga, bisa membuat siapa saja yang tinggal di dalam rumah merasa nyaman berada di dalamnya. Untuk itu, penting memperhatikan dan mempertimbangkan bentuk atap  rumah yang sesuai tema rumah, juga kondisi rumah.

Ada berbagai bentuk atap rumah yang populer digunakan masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri. Anda yang sedang berencana membangun atau merenovasi rumah, tetapi bosan dengan model atap yang itu-itu saja, berikut ini kami memiliki beberapa inspirasi bentuk atap yang mungkin cocok dengan kondisi rumah Anda.

  1. Model Atap Piramida

 

Model atap yang juga cukup populer di Indonesia adalah model atap piramida. Meski populer, atap model ini tergolong cukup sulit dalam pembuatannya karena membutuhkan perhitungan yang akurat pada setiap sisinya. Rumah dengan porsi luas tanah yang kecil sangat bisa mengaplikasikan model atap ini, sebab akan lebih mudah dalam pembuatannya.

  1. Model Atap Datar

Meski belum sepopuler atap rumah model pelana, atap model datar sudah cukup banyak diaplikasikan pada desain rumah di Indonesia. Model atap ini termasuk yang paling sederhana dan bisa dikatakan cukup mudah dibuat. Biasanya, rumah yang menggunakan model atap ini adalah rumah yang mengusung konsep minimalis. Mengapa demikian?

Sebab, jika dilihat dari modelnya memang memberi kesan sederhana sesuai dengan konsep rumah minimalis. Atap rumah datar bisa difungsikan sebagai balkon atau juga biasa dimanfaatkan sebagai rooftop pada rumah tingkat. Meski memberi kesan sederhana dan memiliki banyak manfaat, rumah dengan model atap datar cukup sulit dalam hal perawatan.

  1. Model Atap Miring

Atap dengan model miring atau sandar ini adalah model yang cukup populer pada rumah-rumah cluster bergaya kontemporer. Dikatakan juga sebagai atap sandar karena biasanya model atap ini menempel atau bersandar dengan tembok vertikal pada bagian tepi atasnya. Kemudian, sering juga dipadukan dengan atap pelana, sehingga tampak unik.

  1. Model Atap Limas

Model atap ini persis seperti limas atau perisai. Terdiri dari dua bidang trapesium yang keduanya tersambung dengan bentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang sama. Atap limas juga sering disebut-sebut sebagai penyempurnaan atau model lain dari model atap pelana. Meski sebetulnya, jika diperhatikan kedua model atap ini sangat bisa dibedakan.

Atap model limas memiliki kemiringan dengan sudut 30 hingga 40 derajat dengan tujuan memberikan perlindungan terhadap dinding rumah di bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya hujan. Oleh karena itu, atap rumah model ini juga cukup mudah ditemukan di wilayah atau negara-negara tropis, seperti di Indonesia

  1. Model Atap Pelana

Bentuk atap yang satu ini bisa dikatakan paling populer di Indonesia. Modelnya terdiri dari dua bidang miring yang ujung atasnya bertemu pada satu garis lurus, ini juga biasa dikenal dengan istilah bumbungan. Dengan cuaca tropis di Indonesia, atap model ini membantu mendeteksi atap bocor dengan lebih cepat. Inilah yang menjadi salah satu keunggulannya.

Selain itu, model atap pelana mempunyai daya serap radiasi dan panas yang sangat baik. Bentuknya yang sederhana juga membuat model atap ini cocok diaplikasikan pada berbagai macam gaya rumah. Mulai dari rumah dengan gaya klasik, minimalis, modern, hingga kontemporer sekalipun sangat cocok dipadukan dengan atap berbentuk pelana ini.

Itulah beberapa inspirasi model atap yang paling populer di 2021 untuk rumah Anda. Untuk lebih jelas mengenai desain, ukuran, dan model-model atap lainnya, Anda bisa mengunjungi situs small house plans.