Asal Usul Mbah Priok

Bagi orang jakartanama mbah priok mungkin sudha nggak asing lagi ya. Bagi orang di luar jakarta mungkin hanya mengaitkan dengan tanjung priok tapi tidak tau apa hubungannya. Nah mari simak artikel berikut agar pengetahuan kamu tentang mbah priok makin banyak.

asal usul nama mbah priok adalah jadi dahulu kala itu ada Habib yang bernama Hasan dari sumatera selatan yang mendakwahkan Islam. beliau pada saat itu ingin pergi ke batavia atau jakarta dengan menaiki perahu.

Namun, pada zaman penjajahan tentu tidak mudah dalam menyebarkan ajaran Islam. sehingga rombongan dari habib hasan mendapat tembakan atau serangan dari pihak belanda. Akan tetapi habib hasan berhasil selamat.

Tidak hanya sampai sini. Habib hasan dan adiknya berhasil selamat namun tidak memiliki bekal apapun kecuali nasi di dalam periuk. Dengan bekal nasi dalam periuk ini habib hasan dan adiknya mampu makan dan bertahan berhari hari di tengah lautan. Diceritakan bahwa ketika periuk dimasukkan dalam jubah habib hasan, nasi dalam periuk kembali seperti semula sebelum dimakan.

Setelah berhari hari di lautan, habib hasan meninggal dunia di tengah lautan dan kemudian perahu yang dinaiki oleh habib hasan dan adiknya digiring oleh para lumba lumba ke tepi pantai. Kemudian habib hasan dimakamkan di pinggir pantai.

Nisan habib hasan dibuat dari dayung yang dibawanya dan periuk yang selalu dibawanya sebagai wadah bekalnya diletakkan di samping makamnya. Dan dalam cerita lain, periuknya hanyut terbawa air.

Karena periuk yang sangat berjasa dan sangat terkesan ceritanya maka habib hasan dipanggil dengan nama mbah priok.